Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak

Tinggi kemudi, jarak tegak lurus dari os sacrum sacraletepat melalui tengah- tengah tulang ilium sampai ke tanah. Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan. Tumbuh - kembang dipengaruhi oleh faktor genetik, pakan, jenis kelamin, hormon, lingkungan dan manajemen.

Objek yang diamati pertambahan bobot badan harian sapi-sapi yang ada di perusahaan.

Baby Scale Pengukuran berat badan bayi dapat dilakukan dengan menggunakan Baby Scale. Catat hasil penimbangan dengan cara melihat ujung bandul geser. Ukuran-ukuran linear tubuh merupakan suatu ukuran dari bagian tubuh ternak yang pertambahannya satu sama lain saling berhubungan secara linear.

Alat yang dipakai untuk mengukur tinggi bagian- bagian tubuh diatas adalah tongkat ukur.

Lingkar flank. Dan juga metode ini banyak dipakai oleh para pedagang hewan Hasnudi. Perbedaan dalam penghitungan bobot badan ternak merupakan hal yang wajar. Tanduk pendek, kadang - kadang hanya bungkul kecil. Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.

Bobot badan merupakan bobot yang didapatkan selama sapi dipelihara dan dalam keadaan hidup, sedangkan bobot potong merupakan bobot yang ditimbang sesaat sebelum sapi dipotong Narasasmita dan Mudikdjo, Pendugaan Bobot Badan Penafsiran berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak.

Ukuran Lingkar: Penentuan frame size menurut Field dan Taylor dapat ditentukan berdasarkan nilai parameter tubuh ternak tersebut. Memperkirakan BB ternak 2.

CARA MENGUKUR BOBOT BADAN TERNAK TANPA MENGGUNAKAN ALAT TIMBANG

Dengan memperhatikan volume organ kepala, kaki, ekor, dan massa jenis daging atau jeroan, akan diperoleh angka yang mendekati bobot badan hewan yang sebenarnya. Telinga panjang dan menggantung. Sesuai dengan banyaknya permintaan dan penawaran pasar. Konsumsi hewan yang lebih muda relative lebih banyak.

Dari hasil pengamatan jenis sapi di PT. Timbangan digital terdiri dari dua peralatan yang sangat penting, yaitu: Panjnag tanduk, diukur dengan pita ukur. Anak dan Dewasa Pada anak usia lebih dari 5 tahun dan orang dewasa, pengukuran berat badan dapat dilakukan dengan menggunakan timbangan injak.

Tinggi Pundak, tinggi gumba ialah jarak tegak lurus dari titik tertinggi pundak sampai ketanah atau lantai, alat yang digunakan adalah tongkat ukur.

Rumus Winter: Keuntungan dapat tercapai bila modal yang diperlukan terpenuhi. Pada perusahaan peternakan yang mempunyai populasi ternak banyak tidak menjadi masalah untuk membeli timbangan ternak. Pengukuran Panjang Badan 1.

Fungsi hold ini adalah untuk menahan atau mengunci berat ternak yang ditimbang 2. Sebab-sebabnya antara lain: Sapi dengan iga pendek terlihat dan terasa sudah agak tumpul, pada pangkal ekor terhadap sedikit lemak mendapatkan skor tubuh 2dengan mutu yang cukup. Lingkaran yang diukur tepat pada akhir sudut bibir, ialah pada batas antara kepala dan moncong.

Menurut Williamson dan paynekriteria yang paling utama dalam pemilihan sapi yang hendak dipelihara adalah kemampuan beradaptasi dengan lingkungan. Mempunyai temperamen yang liar karena di daerah asalnya Australia dipelihara di padang penggembalaan. Lingkaran yang diukur pada dada serta merta atau persis dibelakang siku, tegak lurus dengan sumbu tubuh.

Pada ternak potong, bobot badan menjadi salah satu hal yang penting diperhatikan karena produk utama dari sapi potong adalah daging dimana untuk mengetahui pertambahan bobot daging peternak perlu melakukan penimbangan terlebih dahulu.Average Daily Gain (ADG) atau rata-rata pertambahan berat badan harian ternak adalah besarnya pertambahan berat badan yang dipengaruhi oleh besarnya selisih antara berat badan awal dan berat badan Author: Evaluasi Performa Produksi Susu Sapi Perah.

Pengukuran berat badan bayi dapat dilakukan dengan menggunakan Baby Scale. Adapun cara pengukurannya yaitu sebagai berikut: Letakkan alat pada permukaan yang rata/bidang datar.

Ø Melakukan pengukuran yang tepat pada saat pengukuran panjang badan dan lingkar dada, untuk menduga berat ternak sapi. Ø Peternak yang mau membeli sapi, sebaiknya melihat cirri-ciri eksterior sapi terlebih dahulu dengan tujuan kemampuan produksi sapi.

Tilik ternak digunakan salah satunya untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan tubuh dan untuk menentukan pekiraan bobot (berat) badan suatu ternak tersebut.

dalam hal ini tilik ternak pada sapi dilakukan dengan cara mengukur bagian – bagian tertentu pada tubuh sapi tersebut. Pendugaan berat badan sangat penting dilakukan oleh para pemilik ternak untuk mengetahui bobot tubuh ternak. Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan.

Cara ini merupakan cara lain untuk mengetahui berat badan ternak selain penimbangan berat badan.

PENDUGAAN BOBOT BADAN TERNAK DENGAN BERBAGAI MACAM RUMUS

Apabila setiap kali harus selalu dilakukan penimbangan, hal ini dirasa kurang praktis di samping timbangan itu jumlahnya terbatas.(Hasnudi.

).

Penimbangan berat badan dan pengukuran performance ternak
Rated 5/5 based on 96 review